8 Tekad, Revolusi Mental

8 Tekad, Revolusi Mental

\"Helmi-Hasan\"BENGKULU, BE - Delapan tekad Bengkuluku, yakni Bersih, Indah, Sejuk, Sehat, Aman, Religius, Kreatif dan Peduli, adalah sebuah gerakan untuk melakukan revolusi mental di kalangan warga Kota Bengkulu. Diyakini, tanpa revolusi/perubahan besar pada mental atau watak warga masyarakatnya, perubahan hidup yang diidam-idamkan untuk dapat membawa warga masyarakat menjadi sejahtera dan bermartabat akan sulit tercapai.

\"Kita kemarin menjanjikan perubahan. Tapi perubahan itu harus kita awali dengan perubahan mental, atau perubahan pada watak dan karakter. Sebuah perubahan yang tidak disertai dengan tekad untuk merubah mental dengan memperkuat kepribadian, ide dan tradisi baru dalam kehidupan kita, perubahan yang akan kita raih tidak akan menghasilkan apa-apa,\" cetus Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, kemarin.

Dikatakan Helmi, delapan tekad ia rancang khusus untuk merangsang perubahan mental di masyarakat. Ia berharap kampanye ini dapat merubah warga masyarakat yang lama, menjadi sepenuhnya baru.

\"Kita bercita-cita memiliki sebuah warga Kota, dimana semua masyarakatnya dapat bersatu menjadi masyarakat yang bersih, masyarakat yang indah, masyarakat yang berhati sejuk, masyarakat yang sehat, masyarakat yang aman, masyarakat yang relegius, masyarakat yang kreatif dan peduli. Ini bukan slogan atau kampanye politik, ini adalah cita-cita,\" tegas Walikota termuda ini.

Dijelaskannya, sebuah pemerintahan yang berjalan tanpa konsep dan cita-cita semacam itu seakan-akan seperti lampu mati. Sehingga, lanjut Helmi, masyarakat itu hidup tanpa gairah dan terombang-ambing tanpa prinsip kemana arah tujuan pembangunan hendak dicapai. \"Kita tidak menjadikan delapan tekad ini sebagai kata-kata kosong. Kita ikut dalam kerja bakti untuk merealisasikan kata bersih dan indah. Kita melaksanakan lomba kebersihan untuk merealisasikan kata sejuk dan sehat.

Kita memberikan penghargaan bagi kepolisian yang berhasil menumpas kejahatan untuk merealisasikan kata aman. Kita mentradisikan sholat subuh dan isya\' berjamaah untuk merealisasikan kata relegius. Kita membuat kontrak-kontrak kerjasama bantuan kepada UMKM untuk merealisasikan kata kreatif dan peduli. Singkatnya, apa yang kita katakan sudah dan masih terus akan kita jalankan,\" tukasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Dempo Xler SIP mengungkapkan, partainya sama sekali tidak keberatan dengan penggunaan angka 8 yang digunakan Walikota dalam gerakan Bengkuluku Bersih 2013.

Baginya hal itu bukan sebagai bentuk kampanye politik terselubung atau dapat dilekatkan dengan simbol partai politik tertentu. \"Apakah cukup misalnya dengan 5 tekad saja sehingga ramai-ramai kita tuduh itu milik Partai Golkar. Atau cukup dengan satu tekad saja dan kita tuduh Walikota berpihak kepada Nasdem. Kita tidak bisa memandangnya sesempit itu,\" ujar Dempo.

Sebaliknya, Dempo menyangsikan penggunaan angka 8 dalam tekad Bengkuluku Bersih 2013 itu sebagai ajang propaganda politik partai politik tertentu. \"Memangnya sebentar lagi ada pemilihan walikota ulang, atau gubenur, atau presiden? Kan tidak. Justru menurut partai kami langkah walikota itu patut ditiru. Dan saya kira walikota tidak akan keberatan apabila langkah yang ia ambil itu dijiplak oleh kepala daerah lain,\" jelasnya.

Namun diuraikannya, apabila warga masyarakat melihat penggunaan simbol partai politik tertentu dalam pemerintahan, maka itu dapat dikatakan sebagai sebuah pelanggaran.

\"Misalnya ada lambang PAN di mobil dinas, atau lambang matahari terbit, itu bisa dikatakan pelanggaran,\" pungkasnya.   Sebagaimana diketahui, program 8 tekad tidak semata-mata digiatkan oleh Pemda Kota Bengkulu.

Dukungan terhadap program ini juga diberikan oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs AJ Benny Mokalu SH. Dukungan yang sama diberikan oleh Danlanal Bengkulu Letkol Horas Wijaya Sinaga, Danrem 041 Gamas Bengkulu Letkol Inf Teguh Pambudi, Kapolres Bengkulu AKBP H Joko Supriyanto SIK SH, serta beberapa perusahaan swasta. Dukungan ini bahkan mereka berikan dalam bentuk kehadiran dalam acara Bike Cross Country dan Fun Bike, belum lama ini. (009/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: